PROJECT WORK KELAS XI TATA BOGA SMK SAHID SURAKARTA

Praktik Pembuatan Pastry Bakery di Main Kitchen Tata Boga SMK Sahid Surakarta

Project Work adalah pendalaman materi dan praktik berdasarkan kompetensi keahlian yang dipilih peserta didik sebagai pengganti Praktik Kerja Industri. Salah satu program Project Work di Tata Boga adalah Pastry Bakery.

Pastry merupakan salah satu pengetahuan dalam pengolahan dan penyajian makanan terutama kue baik itu kue kontinental maupun kue oriental. Nama pastry sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Perancis yaitu ”patisserie” yang berarti kue. Sementara bakery merupakan bagian dari pastry yang bertanggung jawab pada pembuatan roti, danish, croissant dan produk-produk lain. Pada prosesnya, bakery setelah melalui pemanggangan masih harus melewati tahap penyelesaian seperti memberikan rasa dan tampilan tergantung pada kebutuhan. Jenis pastry masih terbagi lagi menjadi dua yaitu yaitu kue kontinental dan kue oriental. Perbedaan ini terbagi berdasarkan atas penggunaan lemak dalam kuenya. Kue kontinental umumnya menggunakan lemak padat seperti margarin, mentega, dan shortening. Sementara kue oriental umumnya menggunakan lemak cair seperti santan dan minyak. Dan dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa yang termasuk kue kontinental diantaranya adalah kue-kue western dan modern seperti kue kering, kue tart, es krim, puding, dan lain-lain. Sedangkan, untuk kue oriental dapat kita temui pada beragam macam kue-kue basah dari Indonesia dan negara-negara asia lain seperti Thailand, China, Korea, dan Jepang.

Bakery dibuat dengan menggunakan berbagai bahan dasar seperti terigu, lemak, gula, telur, garam, dan susu. Dimana quick bread dan produk ragi-ragian juga termasuk dari bagian bakery. Di Indonesia sendiri, produk ragi-ragian atau yeast product ialah sejenis kue apem, surabi, bika ambon dan masih banyak lagi. Sementara quick bread yang berarti roti dengan proses pembuatan yang relatif singkat dengan proses fermentasi yang lebih cepat dapat mudah kita temui pada aneka jenis roti modern yang sering dijual di mall-mall. Terakhir, kita dapat mengetahui perbedaan pastry dan bakery dilihat dari jenis tepung yang digunakan. Tepung pastry memiliki presentase gluten paling rendah yaitu 8% hingga 9%. Sementara tepung yang digunakan untuk bakery mengandung gluten paling tinggi yaitu 11% sampai 12%. (https://pergikuliner.com/blog/tahukah-kamu-perbedaan-pastry-dan-bakery)

Mari berbagi...