Praktisi mengajar siswa SMK Sahid Surakarta jurusan Jasa Boga

Dalam rangka memberikan ketrampilan kepada peserta didik khusunya sisiwa jurusan Jasa Boga, SMK Sahid Surakarta mengadakan kegiatan praktisi mengajar disekolah. Tentu saja melaksanakannya dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Praktisi mengajar ini merupakan rangkaian kegiatan dari project work atau praktek unjuk kerja berbasis proyek dimana siswa diwajibkan untuk memilih satu skema dari lima skema yang tersedia yaitu :

Pendidikan kejuruan adalah pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidangnya masing-masing. Tujuan dari dibentuknya pendidikan kejuruan adalah untuk menyiapkan peserta didik untuk bekerja dan mampu bersaing dalam proses pekerjaannya kedepan. Dalam situasi pandemi ini peserta didik SMK dirasa sangat sulit untuk mengerjakan kegiatan praktek yang dalam situasi normal hal tersebut rutin dilaksanakan disekolah.

  1. PPM Indonesia
  2. PPM Continental
  3. Tata Hidang
  4. Kue Indonesia/ Tradisional
  5. Pastry and Bakery

Tujuan dari kegiatan ini adalah membandingkan teori yang didapatkan disekolah dengan praktek real di IDUKA.

Bekerja sama dengan Hotel Alila Solo yang menghadirkan Chef Erwan Adri W Executtive Chef Alila hotel Solo sebagai nara sumber, peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan praktisi mengajar. Peserta didik dapat merasakan manfaat yang sangat besar. Ketrampilan, mental , motivasi, pengetahuan, kreativitas mereka semakin bertambah dan menambah keyakinan menatap dunia kerja yang sesuai dengan jurusan yang mereka pilih. Harapan kedepan kegiatan praktisi mengajar ini menjadi agenda rutin pembelajaran walaupun situasi pandemi sudah berlalu.

Mari berbagi...